Home » » Penyebab Penyakit TBC Tulang

Penyebab Penyakit TBC Tulang

Penyebab penyakit tbc tulang - Kenali Gejala Dan Pengobatan Penyakit Tbc Tulang

Tubercolosis ( TBC ) tulang adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Mycobacterium Tuberculosa. Tuberkulosis tulang adalah suatu proses peradangan kronik dan destruktif yang disebabkan basil tuberkulosa yang menyebar secara hematogen dari focus jauh. Virus ini menyebar lewat udara. Pintu masuk pada tubuh manusia adalah lewat saluran pernafasan / paru-paru. Perkembangan virus TBC didalam tubuh sangat lamban, tergantung pada daya tahan tubuh orang yang bersangkutan.

Tubercolosis tulang ( TBC Tulang ) dapat menyerang hampir semua tulang tapi yang paling sering terjadi adalah TBC pada tulang belakang, pinggul, lutut, kaki, siku, tangan dan bahu. Rahang bawah (mandibula) dan sendi temperomandibular adalah daerah yang paling jarang terjangkit oleh kuman TBC.

Pemeriksaan yang dilakukan untuk medeteksi adanya TBC tulang adalah melalui pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiologis. Pemeriksaan radiologis dilakukan dengan photo toraks PA karena penyakit TBC tulang 80% disebabkan karena penyebaran dari TBC paru. Jika dicurigai adanya TBC tulang maka dilakukan pemeriksaan tingkat lanjut melalui photo pada tulang (photo polos posisi AP, Lateral dan CT-Scan atau MRI).

Gejala TBC tulang

Pada awalnya penderita merasa pegal-pegal disertai rasa lelah pada sore hari. Pada tingkat selanjutnya penderita mengalami penurunan berat badan, demam, berkeringat di malam hari, kehilangan nafsu makan.

Pada sendi gejalanya mirip arthritis yaitu nyeri pada sendi, bengkak, mengalami keterbatasan gerak. Kulit diatas daerah yang terasa nyeri kadang teraba panas dan kadang terasa dingin, kulit berwarna merah kebiruan.

Pada anak-anak gejalanya dapat ditemukan spasme otot pada malam hari (night start). Terkadang disertai demam ringan. Pada kasus yang berat, kelemahan otot bisa terjadi sedemikian cepatnya menyerupai kelumpuhan.

Cara pengobatan TBC tulang

Pada tahap awal penderita mendapat obat setiap hari dan diawasi langsung untuk mencegah terjadinya kekebalan terhadap semua OAT. Sedangkan ditahap selanjutnya penderita mendapat jenis obat lebih sedikit namun dalam jangka waktu yang lebih lama. Tahap lanjutan ini penting untuk membunuh kuman persistent sehingga mencegah terjadinya kekambuhan.

Penyakit TBC tulang dapat menyebabkan tulang yang yang terserang menjadi rusak, sehingga bisa terjadi pengeroposan tulang. Untuk memulihkannya diperlukan kesabaran dan waktu yang lama. Apalagi jika penderita sudah berusia lanjut. Penyakit ini tidak bersifat menurun, tapi kemungkinan menular. Untuk pengobatan cobalah resep berikut:

Resep 1

Bahan:

a. Daun legundi muda 7 tangkai
b. Daun sambiloto segar 11 lembar
c. Daun dan tangkai pegagan 17 lembar
d. Meniran beserta akarnya 2 batang
e. Rimpang temulawak 3 ruas jari tangan
f. Kunyit 3 ruas

Cara membuat: Temulawak dan kunyit dikupas, dicuci bersih dan diiris tipis. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Lalu diangkat, dinginkan, dan disaring. Minum sehari 3 kali masing-masing 1/2 gelas sesudah makan. Lakukan konsumsi secara teratur selama 1 bulan.

Resep 2

Bahan:

a. Kaki ayam kampung 3 pasang
b. Ubi jalar merah sebesar terlur itik 3 biji
c. Bawang putih 3 siung
d. Daun seledri 7 tangkai

Cara membuat: Kaki ayam dipotong menjadi 4 bagian. Ubi jalar dikupas, dicuci, lalu dipotong agak besar. Bawang putih dilembutkan. Rebus semua bahan dengan 5 gelas air, hingga ubi jalar dan kaki ayam lunak. Bisa juga ditambahkan sedikit garam. Makanan ini bisa dibuat setiap hari, kalau tidak bisa, seminggu 2 kali.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Post Kesehatan - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger